ADVERTISEMENT

Wednesday, September 10, 2014

Maraknya pengobatan alternatif

Pengobatan alternatif
Pengobatan Alternatif
Tidak bisa dipungkiri kalau budaya yang ada di Indonesia memberikan keleluasaan dalam berekspresi meski terkadang tidak bisa dimasukkan ke dalam logika. Seperti beberapa tahun belakangan ada fenomena Ponari sang dukun kecil yang mengandalkan batu hitam sebagai sarana pengobatan alternatif. Tanpa dikomando akhirnya muncul Ponari yang lain dengan kehebatan juga kesaktian serta boleh dikatakan memiliki jimat atau barang yang dipercaya dapat membantu menyembuhkan segala macam penyakit.

Masihkah kita ingat merebaknya dan menghebohkannya salah satu klinik pengobatan Tong Fang yang juga menjanjikan penyembuhan segala macam penyakit meski terkadang kita tidak bisa meyakinkan secara medis dengan metode pengobatan mereka.

Kenapa semua hal-hal tersebut dengan mudahnya muncul serta menjamur di Indonesia? jawabannya akan menjadi sangat simple ketika kita flash back ke jaman kerajaan kuno. Adanya budaya "mistik" yang mengakar dalam masyarakat umum membuat segala praktik hal-hal yang kurang bisa masuk ke dalam logika mudah sekali berkembang dan mudah sekali diterima oleh masyarakat termasuk masyarakat modern. Segi psikologis pasien yang yakin akan kesembuhan ketika mendatangi dan berobat ke pengobatan alternatif alias sugesti juga membuat mudahnya mereka datang ke pengobatan alternatif.

Juga tidak dipungkiri kemampuan keuangan dari masyarakat membantu mereka memilih jenis pengobatan alternatif itu sendiri. Juga tidak bisa dibantah bahwasanya kepercayaan terhadap tenaga medis serta lemahnya pelayanan membuat pengobatan alternatif menjadi opsi yang akan sangat mudah dipilih oleh masyarakat.

Post Title Maraknya pengobatan alternatif

0 comments:

Post a Comment

All comments are moderated. Thank you.