ADVERTISEMENT

Wednesday, October 22, 2014

Pengumuman Kabinet JOKOWI-JK

Pengumuman Kabinet JOKOWI-JK


Rencana pengumuman susunan kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) di Dermaga Pet‎i Kemas III, Pintu 9, Pelindo, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang telah disiapkan sejak pagi akhirnya batal. Belum jelas alasan pembatalan tersebut.
Padahal sebelumnya pihak Istana Negara maupun panitia penyelenggara yang mempersiapkan acara tersebut, telah memastikan kalau Jokowi malam ini akan mengumumkan kabinet pemerintahannya.

Jokowi-JK
Jokowi-JK
"Bukan batal, tapi bapak presiden tidak jadi ke sini," ujar Kasubag Biro Pers Istana Kepresidenan Rhina, saat memberi keterangan di lokasi acara, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (22/10/2014).
Terkait alasan pembatalan pengumuman susunan kabinet Jokowi-JK, Rhina menghindar dari para awak media. Sampai saat ini belum ada alasan resmi dari pihak istana terkait pembatalan pengumuman susunan kabinet Jokowi-JK.

Skenario Pengumuman
Berdasarkan informasi yang berkembang, pihak penyelenggara telah menyiapkan skenario acara. Pertama, Jokowi-JK akan berdiri di atas panggung mini yang membelakangi laut dan sebuah kapal yang dipenuhi tumpukan peti kemas sebagai background.
Rencananya, pengumuman nama-nama susunan kabinet Jokowi-JK itu akan dilakukan pada pukul 20.00 WIB tepat. Jokowi nantinya akan datang ke lokasi cara dengan menaiki sebuah kapal cepat. Lampu-lampu sorotpun telah siap menyambut kehadiran Jokowi-JK hingga naik ke atas panggung yang berbentuk memanjang itu.

Tidak hanya Jokowi-JK saja yang akan hadir, Jokowi-JK nantinya akan didampingi oleh para calon menterinya yang akan dilantik. Mereka bersama Jokowi akan berdiri di atas panggung tersebut.
"Setelah kapal yang ditumpangi pak presiden bersandar, mereka para menteri itu ikut mendampingi hingga ke atas panggung," kata salah satu petugas pelabuhan yang enggan menyebut namanya.
Sebelum naik ke atas panggung, Jokowi-JK dan para calon menterinya itu langsung diberikan helm pelindung berwarna oranye dan rompi pelindung yang biasa digunakan para petugas pelabuhan yang sedang bekerja. Helm-helm itu ditempatkan di sebuah meja, terlihat jumlah helm-helm tersebut sebanyak 33 helm.

Sekadar gambaran, tempat Jokowi menyampaikan pengumuman kabinetnya yaitu sebuah panggung mini yang memanjang. Panggung tersebut membelakangi laut dengan latar belakang 2 kapal pengangkut peti kemas yang berisi penuh tumpukan peti kemas.
Di atas panggung yang beralaskan karpet berwarna abu-abu itu terdapat satu mikrofon dengan tiangnya. Mic itulah yang akan digunakan untuk Jokowi menyampaikan susunan kabinetnya. Sementara itu, di samping kanan dan kiri terdapat tumpukan peti kemas yang siap yang mengapit panggung dan lokasi acara tersebut.

Rencananya, saat Jokowi membuka acara, lampu sorot yang telah dipersiapkan langsung mengarak ke Jokowi. Para menterinya juga berada di belakang Jokowi.
Pengumuman susunan kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla terbentur perubahan nomenklatur pada susunan kabinet tersebut. Hal itu dikatakan oleh Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Pratikno, yang menjadi bagian dalam tim sinkronisasi pada Tim Transisi Jokowi-JK.

"Menurut Undang-Undang Kementerian itu, kalau ada perubahan nomenklatur, itu kan harus dimintakan pertimbangan pada DPR," kata Pratikno di Jakarta, Selasa (21/10/2014).

Pratikno menuturkan, di dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara disebutkan bahwa perubahan nomenklatur kabinet harus melalui pertimbangan DPR. Ia tak mengetahui rinci apakah pertimbangan itu harus menyesuaikan jumlah komisi di DPR atau tidak. Yang pasti, kata Pratikno, Presiden harus meminta pertimbangan DPR sesuai prosedur sebelum kabinet tersebut ditetapkan dan dipublikasikan kepada masyarakat.

Mengenai kabinet Jokowi-JK, kata Pratikno, ada beberapa nomenklatur yang berubah. Misalnya, rencana pemecahan nama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi Kementerian Pendidikan serta Kementerian Pendidikan Tinggi dan Riset.

"Perubahan nomenklatur itu untuk menekankan perubahan tanpa membawa konsekuensi pada struktur organisasi. Kontennya diperkuat, untuk menggarisbawahi mandat baru pada kementerian tersebut," ucapnya.

Hingga kini, Jokowi masih merahasiakan postur kabinet dan figur yang akan mengisi posisi menteri tersebut. Ia baru menyatakan bahwa kabinetnya akan diisi oleh 33 kementerian dengan empat menteri koordinator. Dari jumlah tersebut, sebanyak 15 kursi menteri akan diberikan untuk partai politik.

*dari berbagai sumber

Post Title Pengumuman Kabinet JOKOWI-JK

0 comments:

Post a Comment

All comments are moderated. Thank you.